Memasang AdSense for Search di blog

Temukan jawaban bagaimana cara memasang AdSense for Search dan menampilkan hasil pencariannya di dalam blog dan cara optimasi kotak pencarian AdSense for Search agar membaur dengan tema blog.
Kotak pencarian saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap blog untuk dapat membantu pengunjung blog menemukan konten yang dicari dengan efisien. Kontak pencarian pun sudah disediakan secara default oleh provider blog kawakan semacam WordPress dan Blogger.

Sebuah keuntungan ganda bagi AdSense publisher, dimana AdSense mempersilahkan para publishernya untuk mengkomersilkan sistem pencarian pada blog publisher. Yang terbaik dari Google dengan search engine-nya. Dan bagi publisher, komisi dari iklan yang tampil di halaman hasil pencariannya.

Keuntungan yang dapat diraih dengan menggunakan AdSense for Search antara lain:

  • AdSense for Search membantu pengunjung menelusuri isi blog kita dengan efisien
  • AdSense for Search memiliki rerataan klik yang tinggi
Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, sebaiknya kita membaurkan hasil pencarian dari AdSense for Search dengan template blog kita dan menampilkan hasil pencariannya di halaman blog kita sendiri.

Berikut ini adalah tutorial yang menunjukkan langkah-langkah memasang AdSense for Search di blog sobat, bahkan dengan gaya kotak pencarian kita sendiri:
Langkah 1. Buat sebuah Mesin penelusuran khusus pada akun AdSense Anda


Langkah 2. Berikan informasi mesin penelusuran sobat, jika sobat hendak menggunakan kotak penelusuran pada blog sobat sendiri seperti dijelaskan diatas, pastikan sobat pilih "Hanya situs yang saya pilih" dan ketikkan url blog sobat pada kolom disediakan dibawahnya.

Langkah 3. BUatlah sebuah saluran khusus untuk mesin penelusuran sobat. Saluran khusus ini akan berguna bagi pengiklan Google AdWord untuk mencari iklan dengan target khusus. 
Langkah 4. Untuk membaurkan hasilkan pencarian dari mesin penelusuran khusus AdSense for Search ini, sobat harus mencari tahu nilai-nilai pewarnaan yang digunakan pada tema blog sobat. Sobat bisa membuka stylesheet tema sobat dengan notepad plus plus atau dengan menggunakan ispeksi elemen pada peramban Google Chrome atau Rubah Api aka Firefox.

Langkah 5. Sesuaikan gaya iklan dengan nilai warna tema blog sobat yang sudah sobat dapat dengan menerapkan langkah ke 4 diatas.
Langkah 6. Pilih dimana sobat ingin hasil pencarian mesin penelusuran khusus AdSense for Search ditampilkan pada pilihan "pada situs saya dengan menggunakan iframe" lalu tuliskan halaman pencarian dimana sobat ingin hasil pencariannya dimunculkan. Kemudian tekan tombol "Simpan dan dapatkan kode". Simpan kode-kode klan tersebut pada notepad.

Langkah 7. BUatlah halaman pada blog sobat sesuai dengan rincian pada langkah sebelumnya. Tempelkan kode mesin penelusuran khusus dan hasil pencarian pada halaman tersebut. Pastikan url halaman ini sama persis dengan yang ditetapkan pada langkah sebelumnya.

Langkah 8. Tes mesin penelusuran khusus sobat, buka halaman hasil pencarian dan ketikkan kata kunci apa saja pada kontak penelusuran untuk menguji hasilnya.

Sesuaikan tema mesin penelusuran blog sobat dengan Mesin penelusuran khusus Google AdSense for Search

Untuk menyesuaikan kotak penelusuran blog sobat, sobat harus mengedit file tema blog sobat. Pada WordPress, sobat bisa mencari file search.php atau semacamnya, sedangkan pada blogspot, sobat bisa mengedit html pada menu template. 
  1. Langkah pertama, dapatkan akses ke dalam kode sumber tema blog sobat.
  2. Temukan kode kotak penelusuran default pada tema blog sobat. Langkah paling mudah adalah dengan memeriksa elemen kotak pencarian blog sobat melalui peramban. Pada percobaan ini saya menemukannya pada sebuah kontainer div dengan id "header-search" (<div id='header-search'>).
  3. Implementasikan kode mesin penelusuran khusus AdSense for Search ke dalam tema blog sobat:
Pada tema bmag yang pernah saya gunakan untuk percobaan ini, kotak pencarian defaultnya menggunakan skrip ajax yang disimpan pada menu navigasi yang dapat dipanggil dengan tombol pencarian. Kode asli kotak penelusuran pada tema tersebut adalah sebagai berikut:

   <div id='header-search'>
      <form action='/search' class='searchform clearfix' method='get' role='search'>
      <a class='search-icon' href='#'/>
      <input class='searchbox' name='q' placeholder='Type and hit enter to search...' style='display: none;' type='text'/>
      </form>
   </div>

Lalu, gabungkan kode mesin penelusuran khusus AdSense for Search sebagai berikut:



<div id='header-search'>
      <form action='http://www.dailynesia.com/p/search.html' id='cse-search-box' class='searchform clearfix' method='get' role='search'>
        <a class='search-icon' href='#'/>
  <input type="hidden" name="cx" value="partner-pub-8485375193763385:4509492959" />
     <input type="hidden" name="cof" value="FORID:10" />
     <input type="hidden" name="ie" value="UTF-8" />
        <input class='searchbox' name='q' placeholder='Type and hit enter to search...' style='display: none;' type='text'/>
      </form>
    </div> 



Lihatlah hasilnya, dimana struktur tema tetap tidak berubah bahkan fungsi responsifnya tetap bekerja. Teknik ini dapat diterapkan untuk mengubah setiap kotak penelusuran dengan mesin penelusuran khusus komersil dari Google AdSense for Search.

Jika bisa menggunakan search engine Google dan diberikan kesempatan untuk mendapatkan uang secara mudah, mengapa kita harus menggunakan kotak pencarian default blog? Bagaimana menurut sobat?

Subscribe to receive free email updates: